Kelebihan dan Kelemahan Hardisk PATA dan SATA Kelebihan dan kelemahan harddisk SATA?

01. kelemahan & kelebihan harddisk sata??
02. bgmana cara merawat harddisk sata dan ata???
03. Lebih bagus mana?? Sata atau ata?? tlong di jelaskan!!
04. Lebih baus mana?? XP SP2 atau Sp3?? tlong di jelaskn!!




Penjawab 1 :  (Gufron Anshari)
nah, disini saya akan menjelaskan perbedaan antara ATA/PATA/IDE dengan SATA

1. PATA (Paralel ATA) / IDE yaitu ATA sendiri merupakan singkatan dari Advance Technology Attachment, sebuah standar yang digunakan untuk menghubungkan hard disk, drive CD-ROM, atau DVD-ROM pada komputer. Nama ini (PATA) resmi disandang sejak hadirnya SATA, dimaksudkan untuk menandakan perbedaan diantara keduanya (dahulunya hanya disebut ATA). Disebut sebagai Parallel ATA karena pemasangan harddisk dengan system ini dilakukan dengan satu atau dua IDE device dapat dipasang dengan satu kabel dan terkoneksi dengan satu port IDE secara parallel.
PATA tidak memiliki kemampuan Hot Swapable, kabel data yang dibutuhkan mencapai 40 kabel yang membuatnya dinilai tidak praktis, serta memiliki panjang kabel interface maksimal 18 inci (46 cm), namun banyak juga produk yang tersedia di pasaran yang memiliki panjang hingga 36 inchi (91 cm). Kabelnya sendiri menggunakan ribbon-cable yang lebar. keterbatasan ini menjadikan PATA hanya sebagai interface internal storage, demikian harga lebih murah. kecepatan transfer data dimulai dari 33Mbps,66Mbps,100Mbps, sampai 133 Mbps(ATA 33/66/100/150)

2. SATA (Serial ATA)
Interface ini merupakan pengembangan dari PATA, yang pertama dirilis pada tahun 2002. SATA didefinisikan sebagai teknologi yang didesain untuk menggantikan ATA secara total. Dimana satu device dipasang pada satu port SATA, pemasangan kabel lebih rapi dan lebih kecil dibanding kabel IDE. SATA juga dilengkapi dengan teknologi NCQ (Native Command Queuing) adaptasi dari TCQ (Tag Command Queuing) yang digunakan pada harddisk SCSI. Teknologi ini menjadikan kinerja SATA lebih efisien akibatnya kinerja mekanis juga lebih efisien dan menjaga umur harddisk menjadi lebih lama (awet) dan akses data jauh lebih cepat dibanding dengan PATA.
Digadang-gadang dengan teknologi NCQ, SATA dimungkinkan menjadi interface eksternal (eSATA) dan tanpa meninggalkan fasilitas hot plug untuk menjadikan harddisk sebagai removeable storage.

Nah, perbedaan yang mencolok dari HDD ATA dengan SATA, Yaitu :
1. Kabel sata menggunakan kabel yang lebih kecil dari PATA (15-pin cmiww). Adapter dari serial ATA mampu mengakomodasi transfer data dengan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan ATA sederhana. Walaupun menggunakan kabel lebih kecil, tapi SATA lebih cepat daripada PATA. Jika kecepatan ATA mencapai 133 Mbps, SATA memiliki kecepatan lanjutannya, yaitu 150 Mbps (SATA I), 300 Mbps (Sata II), dan 600 Mbps (SATA- 600/SATA III).
2.SATA memiliki banyak kelebihan (misalnya native command queuing) yang menyebabkannya memiliki kecepatan lebih dan kemampuan untuk melakukan bekerja di ling­kungan multitask dibandingkan ATA



Trus, baguskan mana XP2 ato XP3 ? menurut saya, kedua2nya memilki kelebihan masing2 namun, jikalau suruh memlih diantara XP2 ato XP3, saya pilih XP3 dikarenakan XP3 ad/ hasil perbaikan dari XP1 dan XP2 seluruh celah yang dapat didapat dari keduanya membuat XP3 menjadi lebih baik.




Penjawab 2
SATA menggunakan kabel tipis & transfer rate hingga 6Gbps
ATA menggunakan kabel lebar & transfer rate max 133Mbps
Dari sini saja terlhat SATA lebih bagus kan?

HDD tidak perlu dirawat. cukup bersihkan dari debu saja. Dan kalau bisa, diberi fan supaya adem

XP SP2 disempurnakan menjadi XP SP3. Bagus mana? kalau menurut Microsoft bagus SP3. Tapi saran saya, Windows7 saja sekalian



Penjawab 3
kelemahan & kelebihan harddisk sata : menurut teory kelebihan sata data transfer bisa mencapai 3x lebih cepat dari paralel ata, kekurangannya hardisk sata sensitif terhadap power, dalam artian power harus benar2 bisa mencukupi kebutuhan hardisk sata, jika tidak akan mempengaruhi umur hardisk.

cara merawat harddisk sata dan ata, pada dasarnya perawatan sama, lakukan defrag untuk hardisk secara berkala, jaga dari guncangan, tetapi yang paling penting adalah power untuk mensupply ke hardisk itu sendiri, pastikan stabil.

Lebih bagus mana?? Sata atau ata??menurut saya pribadi bagusan sata, karena transfer lebih cepat, perkabelan ramping, yang membuat sirkulasi udara didalam casing menjadi lancar.

Lebih baus mana?? XP SP2 atau Sp3?? saya prefer ke XP SP3 karena telah diadakannya perbaikan pada beberapa bug dan celah, yang memungkinkan digunakan untuk program-program jahat menyusup ke sistem komputer anda, namun jika komputer anda telah mendukung windows 7, kenapa tidak mengunkaan windows 7 sekalian....

semoga bisa bisa membantu....




sumber :    http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20100508043904AAN8TH2

Related

Merakit Komputer 4281261083399479722

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

emo-but-icon

item
close