https://godzillapredator.blogspot.com/2011/11/firefox-telah-berjalan-tetapi-tidak.html
Semua data pengaturan, bookmark, dan informasi lainnya disimpan pada profil Firefox Anda.
- Untuk keterangan mengenai profil Firefox, silakan baca artikel tentang Profil.
Firefox hanya akan menggunakan satu profil pada saat yang bersamaan.
Cara kerjanya adalah dengan menempatkan suatu berkas pengunci (
lock file)
yang diletakkan pada folder profil Firefox Anda ketika Firefox mulai
dijalankan. Ketika Anda keluar dari program Firefox, berkas ini akan
dibuang. Jika berkas pengunci ini sudah ada ketika Anda memulai Firefox,
atau folder profile tidak bisa dibaca/ditulis, Firefox akan menampilkan
pesan kesalahan:
"Firefox is already running, but is not
responding. To open a new window, you must first close the existing
Firefox process, or restart your system."
Sesi Firefox sebelumnya tidak ditutup
Firefox membutuhkan beberapa saat untuk melengkapi proses keluar (shut down)
sebelum Anda bisa mulai menjalankan Firefox lagi. Jika sebelumnya Anda
telah menutup dan keluar dari Firefox, coba tunggu beberapa menit dan
kemudian coba lagi.
Firefox tidak dimatikan dengan cara normal
Jika Firefox tidak dimatikan dengan cara normal ketika Anda
menggunakannya terakhir kali, Firefox mungkin masih berjalan di latar
belakang (
background), walaupun tidak tampak pada layar
komputer Anda. Anda dapat merestart komputer Anda dan melihat apakah
masalahnya sudah teratasi.
Selain merestart komputer, Anda juga dapat menggunakan program Windows
Task Manager untuk mematikan semua proses program Firefox yang mungkin
ada:
- Klik kanan pada bagian yang kosong pada task bar Windows dan pilih Task Manager (atau tekan tombol Ctrl+Shift+Esc secara bersamaan).
- Setelah jendela Windows Task Manager tampil, pilih tab Processes tab.
- Temukan item bernama firefox.exe (tekan tombol F pada papan ketik Anda untuk mencarinya)
- Jika ada item bernama firefox.exe, klik tombol End Process.
- Klik Yes pada dialog peringatan "Task Manager Warning" yang tampil.
- Ulangi langkah-langkah di atas jika Anda menemukan proses lain dengan nama firefox.exe. Anda dapat menutup jendela Windows Task Manager setelah semua proses distop.
- Jalankan Firefox seperti biasa.
Catatan: Jika masalah ini terjadi berulang kali, silakan baca artikel
Firefox hang pada saat keluar untuk mencari tahu masalah yang mungkin terjadi dan pemecahan masalahnya.
Jika merestart komputer ternyata tidak membantu, mungkin Firefox keluar
secara tidak sempurna sehingga tidak menghapus berkas pengunci.
- Restart komputer Anda. Setelah restart, jangan buka Firefox.
- Buka folder profil Firefox Anda. Untuk menemukannya, silakan baca Bagaimana cara menemukan profil.
- Hapus berkas pengunci yang bernama parent.lock
- Jika ketika Anda berusaha menghapus berkas parent.lock tetapi mendapatkan pesan kesalahan "Cannot delete parent: The file or directory is corrupted and unreadable", Anda harus merestart komputer Anda kemudian menjalankan perangkat pengecekan kesalahan (error-checking tool), misalnya Chkdsk (Windows 2000, XP) atau ScanDisk (Windows 98, ME)
Folder profil tidak tersedia
Jika Firefox tidak dapat menemukan
folder profil,
Firefox akan melaporkan bahwa profil sedang digunakan atau Firefox
telah berjalan. Ini dapat terjadi jika Anda menghapus, mengganti nama,
atau memindahkan folder profil Anda. Jika Anda menjalankan Firefox dari
removable media seperti misalnya
USB Flash Disk, atau jika folder profil terletak pada disk jaringan (
network drive). Pada kasus-kasus semacam itu, Anda harus mengembalikan folder profil Firefox ke nama dan lokasi semula.
Hak akses
Firefox juga harus memiliki hak akses untuk membuat berkas pada folder
profil. Contoh masalah hak akses ini adalah jika profil Firefox Anda
terletak pada sistem berkas (
file system) yang dikaitkan (
mount) hanya dalam mode baca-saja (
read-only)
, seperti misalnya pada Windows share dengan opsi "Allow network users to change my files" tidak aktif.Untuk memeriksa apakah Anda mempunyai hak akses yang tepat pada folder profil:
- Buka folder profil Firefox Anda, silakan baca artikel Bagaimana cara menemukan profil.
- Buka folder induk di atasnya
- Klik kanan pada folder profil Anda dan pilih Properties.
- Klik pada tab General.
- Pastikan pilihan Read-only tidak dicentang.

Mengembalikan (restore) data dari profil yang terkunci
Jika dengan langkah-langkah di atas Anda masih mengalami kesulitan untuk membuka penguncian profil, gunakan Pengelola Profil (
Profile Manager)
untuk membuat profil baru. Setelah itu Anda dapat menyalin data profil
Anda dari profil lama ke profil baru. Untuk keterangan lebih lanjut,
silakan baca
Mendapatkan data penting dari profil lama.
Catatan: Jika Anda salah memasukkan
argumen perintah baris/command line argument untuk memulai Pengelola Profil, Anda juga akan mendapatkan pesan bahwa Firefox sudah berjalan.
Salah |
Benar |
-Profile Manager |
-ProfileManager |
Untuk keterangan lebih lanjut tentang pengelola profil (
Profile Manager) silakan baca
Mengelola profil.
Note: only a member of this blog may post a comment.