Firefox telah berjalan tetapi tidak merespon

Semua data pengaturan, bookmark, dan informasi lainnya disimpan pada profil Firefox Anda.
  • Untuk keterangan mengenai profil Firefox, silakan baca artikel tentang Profil.
Firefox hanya akan menggunakan satu profil pada saat yang bersamaan. Cara kerjanya adalah dengan menempatkan suatu berkas pengunci (lock file) yang diletakkan pada folder profil Firefox Anda ketika Firefox mulai dijalankan. Ketika Anda keluar dari program Firefox, berkas ini akan dibuang. Jika berkas pengunci ini sudah ada ketika Anda memulai Firefox, atau folder profile tidak bisa dibaca/ditulis, Firefox akan menampilkan pesan kesalahan: "Firefox is already running, but is not responding. To open a new window, you must first close the existing Firefox process, or restart your system."firefoxalreadyrunning.png

Sesi Firefox sebelumnya tidak ditutup

Firefox membutuhkan beberapa saat untuk melengkapi proses keluar (shut down) sebelum Anda bisa mulai menjalankan Firefox lagi. Jika sebelumnya Anda telah menutup dan keluar dari Firefox, coba tunggu beberapa menit dan kemudian coba lagi.

Firefox tidak dimatikan dengan cara normal

Jika Firefox tidak dimatikan dengan cara normal ketika Anda menggunakannya terakhir kali, Firefox mungkin masih berjalan di latar belakang (background), walaupun tidak tampak pada layar komputer Anda. Anda dapat merestart komputer Anda dan melihat apakah masalahnya sudah teratasi. Selain merestart komputer, Anda juga dapat menggunakan program Windows Task Manager untuk mematikan semua proses program Firefox yang mungkin ada:
  1. Klik kanan pada bagian yang kosong pada task bar Windows dan pilih Task Manager (atau tekan tombol Ctrl+Shift+Esc secara bersamaan).
  2. Setelah jendela Windows Task Manager tampil, pilih tab Processes tab.
  3. Temukan item bernama firefox.exe (tekan tombol F pada papan ketik Anda untuk mencarinya)
  4. Jika ada item bernama firefox.exe, klik tombol End Process.
  5. Klik Yes pada dialog peringatan "Task Manager Warning" yang tampil.
  6. Ulangi langkah-langkah di atas jika Anda menemukan proses lain dengan nama firefox.exe. Anda dapat menutup jendela Windows Task Manager setelah semua proses distop.
  7. Jalankan Firefox seperti biasa.

Catatan: Jika masalah ini terjadi berulang kali, silakan baca artikel Firefox hang pada saat keluar untuk mencari tahu masalah yang mungkin terjadi dan pemecahan masalahnya.
Jika merestart komputer ternyata tidak membantu, mungkin Firefox keluar secara tidak sempurna sehingga tidak menghapus berkas pengunci.
  1. Restart komputer Anda. Setelah restart, jangan buka Firefox.
  2. Buka folder profil Firefox Anda. Untuk menemukannya, silakan baca Bagaimana cara menemukan profil.
  3. Hapus berkas pengunci yang bernama parent.lock
    • Jika ketika Anda berusaha menghapus berkas parent.lock tetapi mendapatkan pesan kesalahan "Cannot delete parent: The file or directory is corrupted and unreadable", Anda harus merestart komputer Anda kemudian menjalankan perangkat pengecekan kesalahan (error-checking tool), misalnya Chkdsk (Windows 2000, XP) atau ScanDisk (Windows 98, ME)

Folder profil tidak tersedia

Jika Firefox tidak dapat menemukan folder profil, Firefox akan melaporkan bahwa profil sedang digunakan atau Firefox telah berjalan. Ini dapat terjadi jika Anda menghapus, mengganti nama, atau memindahkan folder profil Anda. Jika Anda menjalankan Firefox dari removable media seperti misalnya USB Flash Disk, atau jika folder profil terletak pada disk jaringan (network drive). Pada kasus-kasus semacam itu, Anda harus mengembalikan folder profil Firefox ke nama dan lokasi semula.

Hak akses

Firefox juga harus memiliki hak akses untuk membuat berkas pada folder profil. Contoh masalah hak akses ini adalah jika profil Firefox Anda terletak pada sistem berkas (file system) yang dikaitkan (mount) hanya dalam mode baca-saja (read-only), seperti misalnya pada Windows share dengan opsi "Allow network users to change my files" tidak aktif.Untuk memeriksa apakah Anda mempunyai hak akses yang tepat pada folder profil:
  1. Buka folder profil Firefox Anda, silakan baca artikel Bagaimana cara menemukan profil.
  2. Buka folder induk di atasnya
  3. Klik kanan pada folder profil Anda dan pilih Properties.
  4. Klik pada tab General.
  5. Pastikan pilihan Read-only tidak dicentang.
    readonlyprofile.png

Mengembalikan (restore) data dari profil yang terkunci

Jika dengan langkah-langkah di atas Anda masih mengalami kesulitan untuk membuka penguncian profil, gunakan Pengelola Profil (Profile Manager) untuk membuat profil baru. Setelah itu Anda dapat menyalin data profil Anda dari profil lama ke profil baru. Untuk keterangan lebih lanjut, silakan baca Mendapatkan data penting dari profil lama.
Catatan: Jika Anda salah memasukkan argumen perintah baris/command line argument untuk memulai Pengelola Profil, Anda juga akan mendapatkan pesan bahwa Firefox sudah berjalan.
Salah Benar
-Profile Manager -ProfileManager


Untuk keterangan lebih lanjut tentang pengelola profil (Profile Manager) silakan baca Mengelola profil.
Artikel ini bersumber dari artikel SUMO: Firefox is already running but is not responding

Related

Tips dan Trik 477731346591899126

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

emo-but-icon

item
close