Mengenali bagian-bagian Motherboard Bag.1

Jika Anda pernah membuka casing komputer Anda, Anda akan melihat potongan salah satu peralatan yang mana segala sesuatu komponen/bagian lain bersama-sama terpasang padanya yaitu motherboard. Motherboard memungkinkan semua bagian dari komputer untuk menerima sinyal, dan berkomunikasi dengan satu sama lain.

Hal-hal umum yang perlu dikenali pada sebuah motherboard adalah:

  1. Form Factor
  2. Socket dan CPU yang dipakai
  3. Chipset
  4. Bus Speed
  5. Memori
Form Factor
Form factor adalah bentuk dan tata letak dari motherboard. Form Factor mempengaruhi dimana masing-masing komponen diletakkan dan bentuk casing komputer. Ada beberapa form factor (bentuk) motherboard biasa digunakan sehingga mereka semua dapat disimpan dalam casing standar misalnya AT, Baby AT, ATX, Mini-ATX, dan microATX (www.motherboards.org).

Contoh motherboard dengan form factor MicroATX
(Image from howstuffworks.com)
Socket dan CPU

CPU adalah hal pertama yang ada di benak seseorang ketika berpikir tentang kecepatan dan kinerja komputer. semakin cepat processor kinerja komputer juga makin cepat.
Jenis soket yang dipakai pada motherboad juga menentukan processor yang digunakan karena saat ini produsen processor seperti Intel dan AMD menggunakan standar soket yang berbeda. Masing mengembangkan arsitektur processornya sendiri-sendiri, otomatis juga membuat standar soket sendiri.
Ada banyak soket CPU yang ada/pernah digunakan diantaranya, untuk prosessor intel terdapat:
  • soket 478
  • soket LGA775
sedangkan untuk prosesor AMD:
  • soket 462 (soket A)
  • soket 939
  • soket AM2
Saat ini, umumnya motherboad baru di pasaran menggunakan soket LGA775 (Intel) dan soket AM2 (AMD). Hal ini menyesuaikan dengan perkembangan prosesor. Berbagai macam soket selengkapnya silahkan lihat di http://en.wikipedia.org/w/index.php?title=CPU_socket&oldid=371401217Photo courtesy HowStuffWorks
Motherboard dengan Socket LGA755 



sumber : http://www.mastaqim.web.id/2010/07/mengenali-bagian-bagian-motherboard.html

Related

Merakit Komputer 8997644934580662035

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

emo-but-icon

item
close