Memindahkan Hardisk yang Terinstall Windows ke CPU lain


Mungkin anda pernah mengalami hal semacam ini, saat ada baru mengganti motherboard atau menganti cpu anda, tapi anda tidak mau menginstall ulang windows XP anda, dengan mudahnya anda memindahkan hardisk anda dan memasangnya di cpu baru, ternyata ( taraaa……blue screen yang nampil langsung restart ) ya walaupun sesekali ada beberapa kasus bis a langsung berjalan tanpa perlu install ulang ( pengalaman penulis dari motherboard Xtream soket 478 denga chipset 945 ke Mobo asus P5KPL AM SE dengan chipset 945 juga, bisa lancar tanpa install ulang).

Apabila tidak terjadi kendala bisa jadi ini dikarenakan kesamaan driver dari hardare yang ada seperti driver sound, vga ataupun lancard. Tetapi tidak menutup kemungkinan walaupun hardware sama semua akan bisa langsung dipindah ( pernah penulis coba pada cpu buildup Dell cpu sama hanya hardisk yang berbeda tapi tidak dapat berjalan tanpa install ulang )

Untuk memindahkan hardisk yang telah teristall windows XP ke CPU baru dengan motherboard berbeda, atau pun dengan motherboard yang sama tidaklah seama seperti kina memindahkan windows 98/ME ke cpu lain, pada win 98/ME system operasi akan melakukan inisialisasi hardware apabila menemukan ada perangkat baru yang terpasang. Hal ini tidak berlaku bagi win XP kenapa ya… saya sendiri kurang mengerti ( padahal lebih canggih :-) )

Untuk dapat memindahkan hardisk yang telah teristall Windows XP ke cpu lain ada beberapa cara yang dapat anda lakukan.

1. Anda dapat melakukan update driver IDE Controller pada device manager windows XP sebelum di pindah dengan cara : Mengetikkan devmgmt.msc pada Menu run di start menu anda.

2. klik kanan lalu update driver
3. pilih No, at this time
4. pilihlah pencarian driver dengan memilih advance search
5. Pilih Don’t search. I will choose the driver to install


6. Pilih Standar Dual Channel PCI IDE Controller dan klik Next.
7. klik no ketika memilih restart
8. shutdown computer anda dan pindahkan hardisk anda


Cara lainnya anda juga dapat menggunakan UBCD ( ultra boot CD ) anda bias mendownloadnya disini
1. Donwload dan buatlah booting CD dengan UBCD ( pada artkel ini penulis tidak menerangkan bagaimana cara membuat boot CD dengan UBCD klo cara buatnya bias lihat disini)
2. pindah hardisk anda ke cpu baru, jalankan cpu dan bootinglah ke CD/DVD rom terlebih dahulu untuk menjalankan UBCD.
3. setelah boot cd telah masuk Click Start > Programs > Registry Tools > Fix_hdc > Fix hard disk controller Klik Start> Programs> Registry Peralatan> Fix_hdc> Fix harddisk controller

4. Tekan tombol M pada keyboard untuk memilih Update MassStorage driver
ubcd2
5. Tekan sembarang tombol dan restart lah komputer anda.

Related

Merakit Komputer 5994193746363039602

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

emo-but-icon

item
close