Motherboard Serta Komponen dan Fungsinya

Dalam melanjutkan artikelku yang membahas tentang Tutorial menjadi teknisi komputer Profesional Thumbs upsaya akan mengajak kita untuk mengetahui apa itu motherboard beserta komponen dan fungsinya.
Motherboard atau mainboard merupakan papan besar pada komputer yang berfungsi sebgai induk atau pusat penghubung sekuruh komponen sekaligus mengatur kerja komponen tersebut agar dapat berfungsi secara maksimal . Menurut macamnya, motherboard terbagi menjadi dua, yaitu motherboard Interface dan motherboard onboard

Motherboard Interface
Motherboard jenis ini digunakan untuk menghubungkan berbgai periferal luar menggunakan suatu adapter sehingga terdapat banyak ekspansion slot pada motherboard  tersebut. Biasanya, Motherboard tersebut digunakan pada komputer-komputer lama.

Motherboard Onboard
motherboard onboard tidak menggunakan adapter untuk menghubungkannya pada motherbord. Jenis ini banyak digunakan pada motherboard kelauaran sekarang.

Onboard Total
Pada Onboard total, semua periferal telah ada dalam motherboard tipe ini kebanyakan digunnakan pada komputer Pentium II dab biasanya diproduksi oleh produsen komputer Built-up.
Dalam sebuah motherboard juga terdapat berbgai komponen penting yang perlu anda ketahui, diantaranya sebagai berikut.

  • Slot Ekspansi
Slot ekspansi adalah slot yang digunakan untuk pemasangan card adapter . Jenisnya terdiri atas slot ISA, PCI, AGP, PCI express, dll.
Slot ekspansi (memahami perangkat komputer)
  • Soket Prosesor
Soket prosesor adalah soket yang digunakan untuk memasang prosesor. Pada saat ini, soket prosesor yang banyak digunakan adalah soket 478 dan LGA775 (soket prosesor intel). SOket ini juga digunakan pada pentium 4. selain itu, ada juga beberapa soket untuk prosesor buatan AMD.
Soket Prosesor
  • Slot Memori
Slot memori adalah slot untuk memasang memori. Slot ini terdiri atas berbagai jenis, antara lain slot memori SIMM, DIMM/SDRAM, DDRAM, DDR2, dan DDR3. Jenis slot DDR2 hampir sama dengan DDR, perbedaanya pada letak pembatas slot yang agak ketengah. DDR2 ini telah banyak digunakan pada motherboard keluaran terbaru bahkan sekarang sudah ada DDR3.
Slot Memori DDR2
  • Chipset
Chipset adalah sebuah Chip pada motherboard yang berfungsi untuk menghubungkan semua jalur data dalam motherboard tersebut. Chipset mempengaruhi kelebihan atau dukungan motherboard terhadap periferal lainnya.
Chipset
  • Port I/O
Port I/O adalah konektor tempat memasang perlatan input / Output.
Port I/O
  • Generator Clock
Generator Clock adalah sebuah krisatal pada motherboard yang berfungsi sebagai pembangkit pulsa prosesor dan menyamakan waktu kerja antar komponen dalam motherboard.
Generator Clock
  • Cache Memori
Cache memori pada sebuah motherboard berfungsi untuk mempercepat proses penyimpanan data pada media yang lamban. Cache memori ini terdapat diluar prosesor, tetapi terlletak pada integreted circuit yang sama dengan prosesor. Cache memori mempunyai kecepatan akses sangat tinggi dan digunakan untuk menyimpan instruksi atau data terakhir kali digunakan CPU secara temporer.
cache memory
Cache memori eksternal sangat menghemat waktu dalam mengakses data, meskipun tidak secepat cache memori yang terdapat dalam prosesor (internal). Semakin besar kapasitas cache, semakin cepat proses yang dapat dilakukan dan tentunya harganya juga semakin mahal.
  • ROM (I/O BIOS)
ROM (Read Only Memory adalah memoru yang data atau program didalamnya hanya dapat dibaca. Pada sebuah Pc, ROM tersimpan dalam BIOS (Basic Input Output System) motherboard dan berfungsi untuk mengatur berbagai periferal yang ada pada sistem. Contoh merek BIOS adalah AMIBIOS, AWARD, dan sebagainya.
ROM BIOS
  • CMOS Battery
CMOS battery adalah komponen pada motherboard yang menyediakan tegangan untuk IC BIOS.
Letak Baterai CMOS

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

emo-but-icon

item
close